perusahaan jepang

Kamis, 23 Februari 2017

STANDARD OPERATION PROCEDURE (SOP)

    SOP ( standard operation procedure ) adalah sistem standard dasar kerja / peraturan perusahaan yang berhubungan dengan job kita di dalam bekerja baik itu dalam hal methode ataupun mechine. SOP berperan sangat penting di dalam perusahaan. Dengan adanya SOP, pekerjaan kita akan lebih teratur dan pekerjanya akan lebih disiplin. Banyak juga perusahaan yang menggunakan istilah SWCT (standard working combination table) atau JOB DESK.
Hal-hal terkait masalah SOP :
☆ SOP dibuat agar pekerjaan yang kita kerjakan bisa lebih mudah, lebih cepat dan lebih baik.
☆ SOP dibuat dan difikirkan oleh orang-orang khusus yang ditunjuk atau mungkin senior kita yang lebih banyak ilmu dibidang job tersebut.
☆ SOP harus digunakan dengan penuh tanggung jawab dan konsisten.
☆ SOP harus fleksible, bisa digunakan oleh semua pekerja. Baik pekerja lama ataupun pekerja baru.
☆ Setelah pembuatan SOP, harus diadakan trial langsung di lapangan untuk menguji kelayakannya. Jika tidak layak, bisa diperbaiki kembali.
☆ Pekerja yang senior harus bisa memberi contoh yang baik dalam melaksanakan SOP secara konsisten.
☆ Jika ada pekerja yang bekerja tidak sesuai dengan SOP maka wajib ditegur, dilaporkan, diperingatkan, atau bahkan mungkin dihukum.
☆ Jika di dalam suatu perusahaan tidak ada SOP, maka pekerjaannya pun akan berantakan karena tidak ada aturan yang jelas.
☆ SOP harus segera disosialisasikan kepada semua pekerja
☆ SOP harus dicatat di atas kertas ataupun papan sebagai rambu-rambu agar semua pekerja selalu ingat dengan melihat, membaca dan melaksanakannya.
☆ SOP harus disetujui dan dilaksanakan oleh semua pekerja.
☆ Jika menemukan problem dalam bekerja, kita bisa lapor dan balik kepada peraturan dasar SOP.
    Banyak pekerja yang justru melanggar / tidak melaksanakan SOP dikarenakan mereka merasa tidak produktif dan tidak maksimal dalam bekerja, merasa terkekang, atau bahkan mungkin merasa hak dia sebagai seorang pekerja diambil. Padahal tidak seharusnya mereka merasa seperti itu, karena SOP dibuat untuk mempermudah bukan untuk mempersulit. Dan jika ada keganjalan terkait masalah SOP, kita bisa lapor kepada atasan dan langsung bisa dimusyawarahkan untuk mencapai kata mufakat.
    Jika semua pekerja taat peraturan dan melaksanakan SOP dengan konsisten, pasti hasil pekerjaannya akan baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya. Dan pekerjanyapun akan menjadi pribadi yang rapi, teratur, disiplin dan tanggung jawab dalam bekerja.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar